SEKILAS MENGENAI PERANGKAT JARINGAN



SEKILAS TENTANG PERANGKAT JARINGAN

Referensi dari
Nama               : Putri Ayu Lestari
Kelas               : XI TKJ 2
Sekolah           : SMKN 1 Lemahabang



ü  Routerboard adalah suatu hardware khusus untuk menjalankan mikrotik.
ü  Routerboard berfungsi sebagai penghubung suatu jaringan.
ü  Dengan menggunakan Routerboard, konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC, mikrotik dengan hardware reqruiments yang sangat rendah.
ü  Mikrotik adalah salah satu alat jaringan untuk menjadikan computer menjadi Router Network yang handal.
ü  Mikrotik berfungsi untuk menjalankan system hotspot, wifi dan lainnya.
ü  Dengan mikrotik kita dapat mengatur/memanajemen bandwith.
ü  Hub adalah salah satu alat perangkat keras jaringan yang sangat penting dalam jaringan computer.
ü  Hub berfungsi sebagai titik pusat yang menghubungkan seluruh computer.
ü  Hub sangat mempengaruhi koneksi antar computer, sehingga jika hub rusak maka semua jaringan computer akan terganggu.
ü  Accesspoint Outdoor adalah salah satu perangkat jaringan computer.
ü  Accesspoint Outdoor dapat mencatat log/history aksesdan authentifikasi.
ü  Accesspoint adalah salah satu perangkat jaringan dimana client wireless dapat dengan cepat dan mudah untuk terhubung ke jaringan.
ü  Accesspoint berfungsi sebagai hub untuk menghubungkan jaringan local dengan wireless.
ü  Alat-alat diatas adalah alat yang biasanya digunakan untuk membangun sebuah jaringan yang mencakup kurang lebih 100 m seperti gedung sekolah dan lain-lain.
Pertanyaan :



1    1. Mengapa dalam membuat jaringan ada yang memakai Routerboard?
2.  Apa itu PPoE Server?
     3. Cara memasang billing hotspot bagaimana?
     4. Apa saja jenis mikrotik?
5.   Mengapa hub sangat mempengaruhi jaringan?
6.      Apa bedanya Accesspoint dengan Accesspoint Outdoor?
7.      Bagaimana cara pengelolaan authentifikasi pada Accesspoint Outdoor?
8.      Hub sebagai konsentrator. Maksud dari pernyataan itu apa?
9.      Bagaimana cara memisahkan bandwith traffic international dan Local?
10.  Mengapa di mikrotik bias memblokir situs?
     
         Jawaban :

1.      Karena Fungsi utama Router adalah merutekan paket (informasi). Sebuah Router memiliki kemampuan Routing, artinya Router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (paket) akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah berada di network yang berbeda.
Jika paket-paket ditujukan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket-paket ditujukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket keluar. 

2.      PPoE (Point to Point Protocol over Ethernet) adalah protocol jaringan untuk mengenkapsulasi Point to Point Protocol (PPP) frame dalam frame Ethernet. Hal ini digunakan terutama dengan layanan DSL over Ethernet dan didataran jaringan Ethernet Metro. Ini dikembangkan oleh UNNET, Redback Networks dan RouterWare dan tersedia sebagai informasi RFC 2516.

Jaringan Ethernet berbasis paket dan tidak memiliki konsep sambungan atau sirkuit dan juga kurangnya fitur keamanan dasar untuk melindungi terhadap konflik IP dan MAC dan jahat DHCP server. Dengan menggunakan PPPoE, pengguna hampir dapat "memanggil" dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan Ethernet, membentuk titik ke titik koneksi antara mereka dan kemudian aman transportasi paket data melalui koneksi tersebut. Hal ini terutama digunakan oleh perusahaan telepon, karena PPPoE mudah terintegrasi dengan warisan dial-up sistem AAA dan cocok dengan sempurna ke dalam tulang punggung ATM. Protokol juga memungkinkan unbundling sangat mudah DSLAMs mana yang dipersyaratkan oleh regulator, karena pengguna hanya akan menggunakan login yang berbeda ke dalam PPP, maka sirkuit ATM akan diteruskan ke pengguna ISP. Juga pra-bayar model ember lalu lintas bisnis dapat dibuat dengan PPPoE lebih mudah dibandingkan dengan DHCP atau beberapa pengguna multiplexing dengan tingkatan kecepatan yang berbeda atau QoS melalui 1 modem DSL atau dengan menciptakan login yang berbeda untuk setiap IP statis dibeli oleh pelanggan.

3.  

3. Antamedia Billing Hot Spot Full

Mungkin Software ini sudah tidak asing lagi bagi para network administrator, tapi mungkin ada Sobat yang belum mengenal lebih dekat dengan Antamedia ini. Antamedia billing hotspot adalah software paling mudah digunakan, bahkan yang awam terhadap jaringan (networking WiFi) juga bisa dengan mudah memahaminya, juga software/tool paling murah untuk management WiFi karena hanya membutuhkan satu unit PC (komputer) dengan 2 LAN Card saja. Ok langsung saja ke tutorial instalasinya

  • Pertama Kita siapkan 1(satu) PC/Komputer yang akan digunakan sebagai server Antamedia Biling Hostpot dengan syarat minimal processor Pentium 3 dan tentunya dengan 2 LAN Card yang sudah terpasang (terinstall).
  • Siapkan juga 1 Unit Acces Point (AP WiFi) untuk WiFi Zone nya
  • Siapkan juga Software Antamedia Billing Hotspot nya, bagi yang belum punya silahkan download disini dan cracknya disini
  • Setelah softwarenya di download kemudian ekstrak dan install, lihat gambar di bawah :
  • Centang/tandai kotak pada pilihan I accept the term in the license agreement, kemudian klik Next
  • Kemudian pilih menu Install tunggu hingga selesai sampai keluar perintah untuk restart/reboot,
  • Lalu pilih/klik restart/reboot, dan tunggu sampai komputer selesai restart
  • Setelah komputer (PC) Sobat selesai restart/reboot maka akan muncul seperti gambar dibawah :

  • Klick tombol Login , maka Sobat akan masuk ke Operator area Antamedia Hostspot seperti  gambar di bawah :
  • Kemudian pilih menu Setup, dan akan tampak seperti gambar dibawah ini :
  • Agar lebih mudah mengenalinya, Kita rename/ganti nama kedua NIC/LAN Card nya. Contoh seperti gambar dibawah :
  • Setelah Kita ganti nama dari masing-masing LAN Card , baru Kita setting, tapi sebelumnya Kita harus pilih Stop terlebih dahulu, kemudian Kita ganti network interface nya menjadi (ANTAMEDIA BILING HOSTPOT ) yang telah kita rename tadi 
  • Kemudian LAN Card/NIC yang digunakan sebagai koneksi ke internet di sharing ( ICS ) agar dapat konek ke AP (Access Point ) nya, agar dapat memberikan IP pada LAN Card/NIC yang satunya yaitu yang kita beri nama ANTAMEDIA BILING HOSTPOT tadi (Penting)

  • Kemudian klik tombol Start, dan settingan pada Antamedia Hostpotnya selesai 
Sekarang kita tinggal melakukan setingan pada AP (Access Point), AP yang Saya gunakan sebagai contoh disini adalah AP Minitar, Untuk setting di AP yang lain juga tidak jauh berbeda
  • Sebelum Kita setting AP nya, terlebih dahulu Kita matikan dulu Antamedia Hotspot nya dengan cara klik tombol Stop seperti terlihat di gambar berikut :

  • Setelah Antamedia nya di Stop, Lanjut ke settingan AP nya, begini caranya : Pada Operation Mode di AP pilih Gateway seperti contoh gambar dibawah ini :

  • Kemudian pada menu WAN, pilih static IP dan isi dengan IP yang di dapat oleh LAN Card  (ANTAMEDIA BILING HOSTPOT ) contoh ip yang di dapat adalah 192.168.0.1 jadi IP  address  untuk IP WAN di AP (Access Point) adalah 192.168.0.2 netmaksnya 255.255.255.0 gateway 192.168.0.1, dns nya 192.168.0.1 jadinya seperti gambar dibawah ini :
  • Di menu LAN terserah Sobat mau dikasih IP berapa, karena untuk DHCP,(DHCP Servernya harus diaktifkan) yang penting jangan sampai sama dengan IP WAN nya
  • Untuk billing, dan management bandwidth nya Sobat sesuaikan dengan selera Sobat masing-masing
  • Jika sudah selesai semua, tinggal Sobat coba koneksi dan billing nya, kalau muncul tampilan seperti gambar di bawah pada saat browsing berarti Sobat sudah sukses installasi dan setting Antamedia nya. Lihat contoh gambar tampilan Antamedia Billing Hotspot di browser akan terlihat seperti gambar di bawah ini :


     
4.      Berdasarkan bentuk hardware yang di gunakan, mikrotik dapat digolongkan dalam dua jenis. Untuk memudahkan bagi pemula dalam memahami Router Operating Sistem ini. dua jenis tersebut adalah :
1. Mikrotik RouterOS™
Adalah versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstal pada Personal Computer (PC) melalui CD. File yang dibutuhkan dapat diunduh dalam bentuk file image MikroTik RouterOS dari website resmi MikroTik,www.mikrotik.com. Namun, file image ini merupakan versi trial MikroTik yang hanya dapat dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakannya secara full time, harus membeli lisensi key dengan catatan satu lisensi hanya untuk satu harddisk.
2. Build in Hardware Mikrotik
Merupakan MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router, atau sering disebut routerBoard, yang di dalamnya sudah terinstal sistem operasi MikroTik RouterOS. Untuk versi ini, lisensi sudah termasuk dalam board MkroTik. Pada Router board ini penguna langsung dapat memakainya, tanpa harus melakukan insatalasi sistem operasi. Router Board ini dikemas dalam beberapa bentuk dan kelengkapannya sendiri sendiri. Ada yang difungsikan sebagai Indoor Router, Outdoor Router maupun ada yang dilengkapi dengan wireless router

5.      Karena Hub merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.
Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung. Berdasarkan fungsinya Hub dibedakan menjadi 2 macam yakni:
1.      Hub pasif merupakan hub yang berfungsi sebagai pemmisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.
2.      Hub Aktif berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, Akan tetapi Hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bisa bekerja.
6.       6. 
Ketahuilah dulu apa pengertian dari access point, AP bisa dibilang penangkap sinyal wifi, adapula yang fungsinya sebagai repeater atau penerus sinyal yang ditangkap oleh AP. Perbedaan dari kedua hardware sangat mencolok dari segi bentuk
 AP Outdoor                                                                   AP Indoor


Biasanya AP Indoor ini merupakan perangkat yang digunakan pada warkop warkop dengan koneksi free hotspot, tentunya tak lepas dari campur tangan ISP di Indonesia yakni speedy, cakupan atau jangkauan sinyalnya pun lebih sempit dari pada si AP Outdoor tadi

Nah untuk AP Outdoor ini jangkauan sinyalnya cukup luas, biasanya digunakan dalam area sekolah, kampus, ataupun RT RW Net. Banyak manusia yang usil dengan menggunakan AP ini dengan tujuan menembak sinyal wifi.

7.  Nama jaringan SSID atau Wi-Fi

SSID (pengidentifikasi rangkaian layanan), atau nama jaringan, akan mengidentifikasi jaringan Wi-Fi untuk pengguna dan perangkat Wi-Fi lainnya. SSID peka huruf besar dan kecil.
Atur ke: Nama unik
Pilih nama yang unik untuk jaringan dan tidak dibagikan oleh jaringan di sekitar lainnya atau jaringan yang kemungkinan Anda temukan. Jika router dilengkapi SSID default, penting untuk mengubahnya dengan nama yang unik. Nama SSID default umum yang harus dihindari adalah linksysnetgeardlink,wireless2wire, dan default.
Jika SSID tidak unik, perangkat Wi-Fi akan sulit mengenali jaringan. Hal ini dapat mengakibatkan kegagalan untuk tersambung secara otomatis ke jaringan, atau menyambungkan ke jaringan lainnya yang berbagi SSID yang sama. Hal ini juga dapat mencegah perangkat Wi-Fi menggunakan semua router di jaringan Anda, atau mencegah mereka menggunakan semua band router yang tersedia.
8. Konsentrator adalah perangkat untuk menyatukan kabel - kabel network dari tiap workstasion, server atau perangkat lainnya. Konsentrator biasa dipakai pada topologi star.Hub dan switch umumnya mempunyai port RJ-45 sebagai port untuk menghubungkan komputer. Perbedaannya, switch merupakan konsentrator yang memiliki kemampuan manajemen trafik data yang lebih baik dibandingkan hub.

9. Pada contoh kali ini kita asumsikan memiliki 2 buah koneksi internet, dimana salah satu isp anda memberikan koneksi ke arah lokal (IIX) lebih besar di bandingkan ke arah internasional, sebuat saja ISP A. Sedangkan ISP B memiliki bandwidth ke internasional cukup besar hanya saja koneksi dari ISP B tidak simetris atau Up to. Untuk itu perlu di optimalkan.

Maka topologinya akan seperti di bawah ini:

Nah, karena kita akan memisahkan traffic lokal dan internasional, maka kita membutuhkan daftar ip yang ada di indonesia yang sudah di advertise ke IIX. Sobat bisa mendownloadnyadisini atau bisa mengetikan perintah di bawah ini pada terminal mikrotik.
[admin@R1] > tool fetch address=ixp.mikrotik.co.id src-path=/download/nice.rsc mode=http;
Selanjutnya import file nice tersebut.
[admin@R1] > import nice.rsc
Setelah berhasil maka, pada address-list di menu firewall akan muncul list ip yang ada di indonesia.


Selanjutnya buat mangle pada mikrotik untuk menandakan routing mark traffic iix dan internasional.
[admin@R1] > ip firewall mangle add chain=prerouting action=mark-routing new-routing-mark=lokal passthrough=yes src-address=192.168.7.0/24 dst-address-list=nice 

[admin@R1] > ip firewall mangle chain=output action=mark-routing new-routing-mark=lokal passthrough=yes src-address=192.168.7.0/24 dst-address-list=nice
Sekarang buat default routenya.
[admin@R1] > ip route add gateway=10.10.7.1 routing-mark=lokal
[admin@R1] > ip route add gateway=172.16.7.1
Karena untuk lannya menggunakan ip privat, jangan lupa untuk membuat Nat nya untuk kedua isp.
[admin@R1] > ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1
[admin@R1] > ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether2
Kita coba lakukan tracert dari lan (windows 7) untuk memastikan traffic sudah di alirkan ke default route iix dan internasional.


Dari hasil tracert bahwa traffic internasional sudah di alirkan ke ISP B, sedangkan untuk traffic lokal di alirkan ke ISP A.


10. Sebagai pengguna teknologi informasi, tidak asing bagi kita dengan istilah “proxy”. Secara umum arti dari proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.
Terdapat beberapa macam tipe proxy, diantaranya SSL Proxy, Web Proxy, Intercepting Proxy, Reverse Proxy, dll. Setiap tipe proxy memiliki fungsi masing-masing. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu proxy yang merupakan fitur dari RouterOS MikroTik, yaitu Web Proxy.

  

Newest
Previous
Next Post »